Pengawasan Ketenagakerjaan

Print
Category: Bidang
Created on Wednesday, 05 March 2014 Written by Administrator

PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN



1.   Kedudukan

Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang dalam melaksanakan tugas dan fungsinya bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.


2.  Tugas Pokok

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Merencanakan, menyusun program kerja dibidang pengawasan ketenagakerjaan yang meliputi Pengawasan Norma Kerja, Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja ;
  2. Merencanakan,  menyusun program kerja mengenai pemantauan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ;
  3. Merencanakan, menyusun program kerja mengenai pemantauan pelaksanaan Norma Kerja, Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Keselamatan dan Kesehatan Kerja ;
  4. Merencanakan dan menyusun program kegiatan analisa data kecelakaan kerja ;
  5. Merencanakan dan menyusun program kegiatan analisa data wajib lapor kenagakerjaan ;
  6. Merencanakan dan menyusun program kegiatan peningkatan kepesertaan Program Jaminan Sosial Tenaga Kerja ;
  7. Memberikan saran/telahan kepada atasan sesuai bidang tugasnya ;
  8. Membuat laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan informasi dan evaluasi ;
  9. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait ;
  10. Merencanakan kegiatan pembinaan, penyuluhan lembaga P2K3 diperusahaan.



3.   Seksi

Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan terdiri dari :

  1.  Seksi Norma Kerja dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja ;
  2.  Seksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja ;

Tiap Seksi dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan.



3.1 Seksi Norma Kerja dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja

Seksi Norma Kerja dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan rencana program, kegiatan norma kerja dan jaminan sosial tenaga Kerja ;
  2. Melaksanakan pembinaan, penyuluhan mengenai norma kerja ( pengupahan, kerja lembur, Cuti, kecelakaan kerja, waktu kerja, waktu istirahat, tidak bekerja, tidak mendapat upah beserta pengecualiannya ) ;
  3. Melaksanakan pembinaan, penyuluh mengenai Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK) yang meliputi kepesertaan, program Jamsostek, Kecelakaan Kerja / Kecelakaan yang berhubungan dengan kerja, penyakit akibat kerja ;
  4. Melaksanakan pemantauan mengenai pelaksanaan Norma Kerja ;
  5. Melaksanakan Pemantauan mengenai pelaksanaan program Jamsostek ;
  6. Memberikan saran/telaahan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  7. Membuat laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan informasi dan evaluasi ;
  8. Melakukan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

3.1 Seksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Seksi Kesehatan dan Keselamatan Kerja mempunyai tugas :

  1. Melaksanakan rencana program, kegiatan pengawasan norma keselamatan dan kesehatan kerja ;
  2. Melaksanakan pembinaan, penyuluhan norma keselamatan dan kesehatan kerja ;
  3. Melaksanakan pembinaan, penyuluhan mengenai panitia pembinaan keselamatan dan kesehatan kerja (P2K3) ;
  4. Melaksanakan pembinaan tentang alat pelindung diri, alat pengaman kerja ditempat kerja ;
  5. Melaksanakan pemantauan mengenai pelaksanaan norma keselamatan dan kesehatan kerja;
  6. Melaksanakan pemantauan mengenai pelaksanaan norma keselamatan dan kesehatan kerja;
  7. Melaksanakan pemantauan terhadap penggunaan peralatan produksi di tempat kerja ;
  8. Mengadakan penelitian, pendataan terhadap alat – alat produksi, mesin–mesin, peralatan pelindung diri di perusahaan ;
  9. Melakukan analisa terhadap data wajib lapor ketenagakerjaan dan kecelakaan kerja ;
  10. Memberikan saran/telaahan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;
  11. Membuat laporan pelaksanaan tugas sebagai bahan informasi dan evaluasi ;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

2011 Pengawasan Ketenagakerjaan.
Powered by Joomla 1.7 Templates